Efek samping daun jati cina berbahaya atau aman?

Apa efek samping minum air rebusan teh daun jati cina? Apakah berbahaya untuk kesehatan? Apakah daun jati cina aman untuk diet? Amankah dikonsumsi sehari-hari? Daun teh ini menjadi pilihan banyak orang yang mau berdiet menurunkan berat badan. Terbukti dengan larisnya produk ini. Namun, apakah ini merupakan pilihan yang tepat?

Daun jati cina merupakan telah lama digunakan sebagai jamu atau herbal untuk pengobatan secara tradisional. Daun jati cina di dalam sistem pencernaan bertindak sebagai pencahar, sehingga bermanfaat untuk mengurangi sembelit. Daun ini dapat meningkatkan gerakan peristaltik usus.

Minuman teh daun jati cina telah lama digunakan sebagai minuman diet. Sifat pencahar alami dari daun ini memungkinkan makanan di dalam sistem pencernaan bergerak sebelum banyak kalori yang diserap oleh tubuh, sehingga efeknya adalah berat badan menurun. Penurunan berat badan menggunakan pencahar ini bisa berbahaya. Selain itu, mengonsumsi teh daun jati cina sebagai usaha untuk diet tidak bisa dilakukan dengan jangka panjang. referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Jati_tiongkok

Apa efek samping daun jati cina?
Karena daun jati cina dapat berfungsi sebagai pencahar, maka dapat menimbulkan efek samping seperti halnya minum pencahar (laksatif). Berikut ini efek samping yang umum terjadi setelah mengonsumsi pencahar.

– dehidrasi
– warna urin lebih gelap
– kram atau nyeri perut
– sering buang gas
– perut kembung
– merasa tidak enak badan

referensi: https://www.alodokter.com/obat-pencahar

Daun jati cina memiliki kandungan zat yang dinamakan sennosida, yang dapat mengiritasi lapisan dalam usus, sehingga muncul efek pencahar. Teh daun jati cina sebaiknya tidak dikonsumsi untuk jangka panjang (maksimal 2 minggu), misalnya ketika susah BAB.

Beberapa efek samping mengonsumsi teh daun jati cina yaitu rasa tidak nyaman di perut, diare, dan kram perut. Sedangkan jika teh daun jati cina dikonsumsi dalam jangka panjang dapat menyebabkan dehidrasi, mengganggu keseimbangan elektrolit tubuh, kelemahan otot, gangguan kerja jantung, dan kerusakan liver.

referensi: https://www.alodokter.com/komunitas/topic/teh-jati-cina

Mengonsumsi teh daun jati cina untuk diet bukanlah pilihan yang baik, dan teh ini memang tidak dianjurkan dikonsumsi untuk tujuan diet menurunkan berat badan. Selain itu, mengonsumsi teh daun jati cina dalam jangka panjang juga tidak baik untuk tubuh. Bagi ibu hamil dan wanita haid tidak disarankan minum teh tersebut.

Ada berbagai metode diet yang informasinya bisa kita dapatkan melalui internet. Banyak juga penjual yang menawarkan suplemen diet, baik berupa minuman serbuk, kapsul, maupun teh. Namun, sebaiknya tidak sembarangan dalam memilih suplemen untuk membantu menurunkan berat badan. Teh daun jati cina boleh-boleh saja dikonsumsi, ketika mengalami sembelit, supaya BAB lancar. Namun, tidak baik kalau dikonsumsi terus-menerus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *